Blog Homeschooling Indonesia

Homeschooling Indonesia - Praktek homeschooling sebenarnya sudah saya terapkan jauh sebelum anak saya memasuki usia sekolah. Namun saya merasa itu ya belumlah dikategorikan sekolah.. (lucunya saya ini.. qiqiqi). Saya tidak menganggap serius mengajar anak mengenai materi sekolah adalah pelajaran penting di masa sebelum usia 7 tahun. Meski anak saya sudah belajar mengenal angka dan huruf sebelum usia itu. Dengan buku yang tersedia juga belajar membaca di rumah. Meski si sulung sempat masuk PAUD pada usia kurang 4tahun, itu hanya bertahan beberapa bulan. Sempat masuk TK pada usia 5tahunan dan itu juga hanya beberapa bulan. Mengikuti les membaca dan berhitung juga beberapa bulan mengikutinya.

Saya mulai merasa serius harus memperhatikan materi belajar saat usianya memasuki 7thn, dan itupun masih banyak kurang perencanaan. Saya merasa perlu mendapatkan rekomendasi yang cukup mengenai Homeschooling. Berselancar mencari blog yang benar-benar saya sukai itu amat sulit. Mencari dengan kata kunci Homeschooling Indonesia tidak banyak blog terjaring ^_^. Namun melalui fb justru banyak teman-teman yang menyatakan melakukan praktek homeschooling. Ada beberapa blog yang tidak begitu aktif, ada beberapa grup yang tidak aktif. Itu membuat saya cukup frustasi. Dimanakah saya bisa mendapatkan referensi yang cukup? Ingin mengikuti grup WhatsApp yang fokus pada homeschooling, tapi belum bersua.

Saya bukanlah ibu-ibu yang bisa bepergian semaunya kemana saja. Jadi tidak bisa mengikuti seminar, atau pertemuan keluarga homeschooling atau mengikuti kegiatan offline lainnya. Sebenarnya ingin.. dan pengen.. Jadi yang bisa saya lakukan adalah dengan daring saja. Tetap berharap suatu saat bisa ikut berbagai kegiatan di luar.

Harapan saya dengan membaca beberapa blog saya bisa mendapatkan kekuatan dan tetap semangat dalam melakukan praktek homeschooling. Semangat... Homeschooling Indonesia..
Berikut Blog Homeschooling yang asyik untuk dibaca:

1. Rumah Inspirasi 

Banyak hal mengenai homeschooling yang bisa diambil dari blog ini. Mulai dari apa itu homeschooling, apa saja kegiatan homeschooler dan apa saja yang dipersiapkan untuk menjalani homeschooling. Rumah Inspirasi juga menyediakan berbagai kegiatan berbayar untuk diikuti oleh orangtua dan anak.
Benar.. Blog ini tidak hanya kaya akan kegiatan anak, tapi juga banyak mengenai pendidikan untuk orangtua. Hal apa saja yang harus dipersiapkan orangtua agar bisa membimbing anak-anak pelaku homeschooler.
Tampilan blog menarik, dan foto-foto tertata dengan baik.
Hal yang paling menarik saya temukan bahwa sang ibu belajar membuat website secara otodidak. Menurut saya itu mengagumkan. Dan blog ini menurut saya memberikan semangat yang baik untuk orangtua agar tetap terus belajar.
Yukk semangat belajar ^_^



2. Klastulistiwa

Blog Ini Menarik untuk dibaca siapa saja, Orangtua mana saja yang ingin melatih anak untuk mandiri, yang ingin anak menjadi lebih baik, dan ingin menjadi orangtua yang baik. Tampilannya sederhana namun banyak nilai yang bisa didapat dengan membacanya. Yap.. Dalam praktek homeschooling tidak hanya anak yang belajar, Orangtua akan juga belajar giat dan memang akan mendapatkan banyak pengalaman. 
Mengajar sendiri anak mampu melatih kesabaran yang mungkin bagi saya masih belum mampu mencapainya.
Banyak hal-hal sederhana yang diceritakan untuk dapat diambil pelajarannya di dalam blog ini. 



3. Homeschooling Keluarga Muslim Indonesia

 Blog ini cukup banyak membahas mengenai kegiatan homeschooling, dan ada beberapa materi juga yang bisa diunduh gratis. Berbagai cerita sehari-hari yang bisa dipetik maknanya dan diambil pelajarannya dibahas dengan bahasa simpel. Cukup banyak cerita mengenai homeschooling dalam blog ini. Tiap pelaku homeschooling mempunyai cara tersendiri dalam menjalani kehidupan belajar mengajarnya. Dalam blog ini saya melihat ada beberapa bagian menggambarkan pada beberapa kegiatan seperti memindahkan situasi sekolah ke rumah. Mungkin agak berbeda dengan yang saya praktekkan, namun itu tidak terkait dengan salah benar dalam pelaksaaan praktek homeschooling.


4. MerahCeri

Blog ini menggunakan bahasa yang sedikit sulit untuk saya cerna, usut punya usut penulis blog ternyata adalah seorang penulis dalam arti kata yang sebenarnya ^_^ Praktek homeschooling yang dilakukan cukup terstruktur dan dirancang dengan baik. Tidak seperti saya, yang masih berjalan apa adanya dan acak-acakan. Membaca mengenai materi di sini banyak juga mengenai bagaimana memulai homeschooling dan cocok untuk yang mungkin berminat menjalani homeschooling. Ada beberapa materi yang bisa diunduh juga di blog ini. Dan senangnya saya ternyata penulis berasal dari Sumbar, Urang kampuang awak juo kironyo.. ^_^



Itulah beberapa blog yang bisa saya telusuri dan semoga bermanfaat untuk teman pembaca ^_^

Komentar